Kategori
Pematangsiantar Tentang Kotaku Pematangsiantar

Hari Ini Pembukaan Puasa

Senin yang sesuatu. Sama seperti Senin yang sebelum-sebelumnya. Menghabiskan setengah hari dengan rapat dan rapat.

Begitu juga hari ini, diawali dengan rapat pembinaan dipimpin oleh pimpinan dilanjutkan oleh para kepala bidang. Sesudah itu rapat koordinasi lagi menentukan jadwal kegiatan.

Ada yang berbeda hari ini. Bila biasanya rapat disuguhkan air minum kemasan tetapi hari ini tidak ada karena kebetulan hari ini pembukaan puasa.

Begitu juga waktu rapat di ruangan pimpinan, entah kebetulan atau tidak ternyata air minum kemasan yang biasanya selalu tersedia pun hari ini hanya tinggal 2 buah.

Begitu selesai rapat, sudah tengah hari. Kami pun mengakhiri dengan bincang bebas ala kami. Seorang teman mengatakan bahwa dia sangat haus. Rapat hari ini membuat lupa minum. Aku pun menyahuti ucapan itu dan mengatakan kalau aku juga sebenarnya sudah sangat haus dan sudah dari tadi ingin minum tetapi tidak jadi karena kebetulan aku berada satu kursi dengan ibu Bintang dan Ibu Santi. Kedua temanku yang berhijab tersebut sedang menjalankan puasa dan aku tak mungkin minum di depan mereka.

Ternyata ibu Bintang mendengar ucapanku dan menjawab, “Nggak apa-apa lho Bu. Kalau ibu minum bukan berarti tidak menghormati kami. Karena memang situasinya yang begitu. Kami juga tidak apa-apa koq. Bahkan sesungguhnya itulah arti puasa itu. Bisa menahan diri walaupun ada godaan. Lain halnya kalau Ibu sudah tahu kami puasa tetapi ibu malah mengajak kami makan, nah kalau itu baru …” ujar Ibu Bintang sambil tertawa.

“Iya sih Bu. Tapi kami tetap segan juga koq.” ujarku lagi.

Dan kami pun melanjutkan perbincangan sampai akhirnya bubar karena sudah jam istirahat.

Itulah sekelumit cerita pada hari pertama puasa dari Kota Pematangsiantar yang mendapat peringkat ke tiga sebagai kota paling toleran se Indonesia.

Gassmom-
Pematangsiantar, 060519

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

14 replies on “Hari Ini Pembukaan Puasa”

Kota yang indah. Aku dari Sisingamangaraja dekat Simpanglimun naik sedan tua/Kenwood sebagsi taksi ke Pematang Siantar. Sopirnya pada tua.
Ada yang lucu, sewaktu di pertigaan Limapuluh, banjir. Saya mau ke Payakumbuh via Duri Riau. Mobil saya Kijang Super tak kuat hadang banjir, saya berputar ke Pematang Siantar. Eee…ternyata nongolnya di depannya banjir yaitu pertigaan Perdagangan dan Limapuluh. Hanya 100-an meter. Padahal udah muter ratusan kilo. Mana jembatannya di Perdagangan roboh, tapi saya udah lewat. O ya, saya sempat ke Kabanjahe, Barus Jahe dan Sidikalang. Pematang Siantar yang saya ingat, jalan menuju pertigaan Perdagangan dari arah Medan di dalam kota, menanjak, di sebelah kanannya banyak toko asesoris atau oleh-oleh kayaknya. Kotanya indah. Itu tahun 2001 laloe๐Ÿ˜

Disukai oleh 1 orang

2001 ya Pak. Saat itu taksi memang masih minim. Kalau tak salah taksi yg bapak tompangi itu Indah taxi. Mereka pioner taksi dan dulu hanya mereka. Mobil sedan dengan supir yg tua. Tapi sekarang mereka sdh dikalahkan. Banyak armada sudah di sini dengan angkutan kekinian. Walaupun begitu, sampe saat ini mereka masih bertahan tapi sepertinya lebih sering membawa barang paketan dari Medan.
Banjir di perdagangan, berarti sungai itu ya Pak.
Banyak juga yg sudah bapak jalani ya

Disukai oleh 1 orang

bener-bener sangat toleransi satu sama lain, dan saling menghormati satu sama lain, indah sekali ya kak kalau kita bisa hidup berdampingan dengan orang2 yang baik dan saling menghargai dan pengertian satu sama lain, damai sekali dunia ini ๐Ÿ™‚

Disukai oleh 1 orang

Menurut sy juga begitu, sy tidak masalah orang makan di depan sy, bukan mereka tidak menghormati, kita sebagai yg puasa hari memahami orang lain yg tidak

Disukai oleh 1 orang

Wujud nyata toleransi dan harmoni.
Meski baru sekali ke PematangSiantar, kenangan kota yang apik.
Salam kenal ya dari Kota Salatiga yg juga kota toleransi antara Singkawang dan Pematangsiantar.

Disukai oleh 1 orang

Iya sih. Tapi karena terlalu serius jadi lupa asupan itu.
Btw, tadi aku jalan2 ke blog kamu. Lucu banget n keren, lain dari yg lain. Tapi aku tak tahu cara follownya.๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s