Sondang Saragih

Sondang Saragih, emak rempong dari 4 orang anak yang sejak kecil suka membaca, berkhayal dan membuat coretan alias tulisan tak jelas.

Waktu kecil berkhayal ingin menulis buku tetapi malas konsentrasi dan moody membuat itu tidak pernah terwujud.

Saat ini ingin mencoba konsentrasi membuat tulisan walaupun mungkin hanya tulisan receh dan tidak menarik bagi orang lain tapi baginya bisa membuat sebuah tulisan pendek pun sudah memberikan kebahagiaan tersendiri.

Kalau tulisan itu berguna bagi orang lain Puji Tuhan dan seandainya tidak pun paling tidak bermanfaat bagi diri sendiri untuk dibaca sendiri dan menjadi kenangan bahwa pernah menulis seperti itu.

Gassmom

5 respons untuk ‘Sondang Saragih

  1. Hai, Ito!

    Menanggapi komentar sebelumnya pada pos Ishfah Seven – 7 Pesan Untuk Blogger Pemula, aku akan menepati janji untuk melakukan POV BB (Point of View Between Blogger).

    Secara keseluruhan, mulai dari tampilan blog yang aku lihat pada versi desktop, Ito memilih tema yang simpel dan tanpa memasang widget apapun di sisi kiri, kanan, atas atau bawah. Seingatku, tema blog yang sekarang adalah tema baru, karena dulu memang tampilannya berbeda.

    Aku lihat di sisi atas, terdapat dua tombol menu. Satu untuk home atau beranda dan satu lagi menu mengenai diri sendiri atau ‘About Me’, yang dinamakan Sondang Saragih. Isinya ringkas, to the point, dan padat. Lalu ada background gambar yang dipasang oleh Ito Sondang. Aku tak tahu itu gambar tentang apa. Yang kulihat hanya ada tangan orang yang bagian badannya tertutupi oleh tulisan.

    Seperti yang kukatakan sebelumnya, karena ini merupakan pendapat pribadi yang subjektif, tapi aku akan menyampaikannya seobjektif mungkin. Dan saran yang bisa aku berikan kepada Gassmom a.ka. Ito Sondang yaitu :

    1. Untuk melakukan semua perubahan di blog, aku sarankan Ito memakai komputer desktop atau laptop untuk melakukannya. Jangan atur blog dari aplikasi WordPress karena tampilan dan fiturnya sedikit dan lebih ringkas.

    2. Ito bisa mencari tema baru yang lain untuk blognya. Pilih yang lebih catchy, atau emak-emak bilangnya kece. Kalaupun tidak mau ubah, setidaknya ganti background gambar di blog dengan warna dasar. Pilihlah warna abu-abu atau putih. Jangan pilih hitam, kecuali untuk keperluan khusus. Background warna hitam biasanya dipakai untuk website atau blog dari para blogger yang memiliki latar belakang IT. Mereka memilihnya karena terbiasa melihat layar coding yang berwarna hitam.

    3. Pilihan Infinite Scroll sebaiknya dihilangkan. Uncheklist saja. Ganti dengan show page atau post per 7 page atau post (atau terserah). Sebagai gantinya, Ito bisa memasang widget di sisi kiri, kanan atau yang sesuai. Pasang widget tentang Recent Post. Dan bisa sekaligus memasang widget lain yang diperlukan.

    4. Buatlah page baru sesuai dengan kategori tulisannya. Misal blognya Ito ini fokusnya membahas tentang apa saja, lalu sesuaikan. Bisa juga dengan mengatur menu pada opsi setelan atau pengaturan tampilan blog.

    5. Buatlah jadwal menulis untuk target diri sendiri. Misal satu minggu sekali. Kalau merasa diri adalah seorang yang pelupa maka pasang alarm atau jadwal di handphone. Yang penting adalah konsisten menulis. Jika hal ini masih dirasa berat, coba cara lain. Yaitu, pada saat diri sedang ada mood untuk menulis, maka tulislah sebanyak-banyaknya. Tapi jangan langsung di-publish di hari yang sama. Buatlah Schedule post sesuai dengan target sebelumnya, sehingga target menulis seminggu sekali tetap terlaksana dengna baik.

    6. Selalu baca lagi pos yang akan di-publish. Baca ulang sekaligus lakukan proses editing. Cari kata-kata apa saja yang salah pengetikan, salah tanda baca dan sebagainya.

    7. Percaya pada diri sendiri merupakan modal besar bagi seorang blogger untuk mengelola dan merawat blognya. Tapi selain PD, mesti disertai juga keinginan untuk belajar.

    Demikian, kurang lebihnya pendapatku tentang blog Ito. Ito bisa menerimanya atau abaikan saja. Tetap semangat menulis dan jangan lupa berikan juga saran dan kritiknya untuk blogku.

    Terima Kasih.

    – Ishfah Seven –

    Disukai oleh 3 orang

  2. Yah,,, kemana aku selama ini ya?
    Bisa²nya koment ini baru aku baca hari ini.
    Terus terang aku memang edit hanya dari android, memanfaatkan waktu biasanya, bukan khusus memberi waktu.
    Baru tadi malam aku khusus memberi waktu karena harus memasang widget Kata Kita.
    Itupun aku edit lagi hanya sebagaimana biasa.
    Membaca koment ini, ternyata banyak sekali PR yang harus kukerjakan ya, tentang page atau widget per topik … Apalagi karena isi blok ini acak aza sesuai moody yang punya.
    Untuk background, malahan tadi malam aku mau buat black, tapi setelah dipikir lagi aku ganti pink.
    Entahlah, apakah PR dari saran di atas akan bisa aku kerjakan.
    Yang pasti terima kasih banyak atas krisan yang telah diberikan.
    Mudah²an pelan² bisa kuperbaiki walaupun aku rada pesimis.
    Tapi yang pasti, Thankyou so much.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s