Kategori
Sebuah Perjalanan

Cerita Perjalanan

Kemarin aku menulis tentang ide menulis harian yang bersumber dari blog Ikatan Kata. Mirisnya, sudah 13 hari berlalu namun aku sendiri belum menulis satu ide pun dari sana. Bahkan bisa dibilang, sepekan ini tidak ada menulis. Yah, dan begitulah si pemberi saran juga belum tentu melakukan apa yang dia sarankan.

Merujuk ide tersebut, tanggal 12 kemarin topiknya adalah tentang perjalanan. Menceritakan perjalanan terjauh yang pernah dilakukan dan segala tetekbengek terkait hal tersebut.

Membaca topik tersebut, aku tercenung. Teringat niat awal membangun blog ini. Sesungguhnya ada 2 hal yang ingin aku jadikan topik utama. Tentang anak dan tentang perjalanan. Tentang anak adalah keseharian bersama mereka. Tentang perjalanan, pastinya tentang perjalanan yang aku lakukan.

Terkait perjalanan, aku memang sempat ragu. Karena aku bukan siapa-siapa dan bukan seseorang yang memiliki pendapatan yang cukup untuk jalan-jalan. Bahkan bisa dikatakan hanya cukup kalau tidak mau disebut pas-pasan.

Tetapi aku melanjutkan niat tersebut dengan sebuah penghiburan diri. Bukankah perjalanan itu bukan berarti harus ke tempat jauh? Bukan berarti harus antar pulau atau antar negara? Kalau memang niat, perjalanan dalam satu kota kecil ini pun banyak yang bisa aku tuliskan. Beranjak dari situ, aku melanjutkan niat tersebut.

Tetapi apa daya, niat hanya tinggal niat. Ada memang beberapa cerita perjalanan yang aku tuliskan (walaupun masih ranah Sumatera Utara) dan bahkan sampai hari ini tulisan tersebut masih sering dikunjungi. Tapi kebanyakan hanya draft tak berwujud dalam hati. Menunda dan menunda untuk menulis, akhirnya aku melupakan dan musnahlah draft tersebut. Salah satu rahasiaku mengapa tidak pernah sukses, tolong jangan ditiru … eh, siapa juga yang mau meniru ya? He he he

Alih-alih membuat cerita perjalanan, yang aku lakukan adalah mengikuti beberapa blog yang menceritakan perjalanan. Aku cukup puas membaca perjalanan mereka dan melupakan niat awal.

Merujuk kembali ke topik ide menulis, dikatakan untuk menceritakan perjalanan terjauh. Seperti yang aku katakan di awal, aku bukan siapa-siapa. Sampai saat ini perjalanan terjauh yang pernah aku lakukan hanya ke Pulau Bali. Itu pun sudah lama, tahun 2007.

Hanya beberapa hari namun banyak tempat yang kami kunjungi termasuk makan malam di Jimbaran yang katanya sayang dilewatkan kalau ke Pulau Dewata. Hampir semua tujuan wisata pada tahun tersebut kami kunjungi kecuali patung Garuda Wisnu Kencana, batal dikunjungi karena keasyikan belanja di pasar Ubud selepas makan babi guling.

Cerita mengenai perjalanan ini aku tulis lengkap di buku harian. Tapi tak mungkin kutuliskan lagi di sini karena sudah berlalu beberapa tahun, 13 tahun. Segala sesuatunya pasti berbeda. Tapi kalau ada rejeki lagi berangkat ke sana, pasti akan aku tuliskan.

Foto selama di sana juga hanya sedikit, sebagian disimpan di album facebook๐Ÿ˜€๐Ÿคญ

Gassmom, 141120

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

19 replies on “Cerita Perjalanan”

hehe … jadi bikin tertawa sendiri … saya juga tidak pernah jalan2 wah … belum kesampaian meskipun pengen juga pergi2 ke tempat eksotis dalam negri dan luar negri … seperti orang2 yang tampil di medsos …. jalan2 hanya sekitaran jabodetabek …. tapi menikmati saja

Disukai oleh 1 orang

Nah, itu Pak. Saya mo cerita satu rahasia. Sebenarnya niat buat tulisan seputar kota kecil ini terinspirasi dari tulisan Bapak lho.
Dari dulu kan saya ikuti, terus ada map-nya juga.
Eh, ternyata seru juga ya buat tulisan seputar daerah sendiri.
Akhirnya, aku berniat buat tulisan sekitar daerah sini. Tapi itu, niat tinggal niat tak pernah jadi๐Ÿ™‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s