Kategori
story of my life

Sudah Vaksin Covid-19

Akhirnya tiba juga giliran dari OPD kami untuk mengikuti vaksin Covid-19. Tepatnya pada hari Selasa, 16 Maret 2021 di Puskesmas Bah Kapul yang berada di wilayah Kecamatan Siantar Sitalasari, domisili kantor kami.

Pelaksanaan vaksin untuk instansi dibagi dalam beberapa tahap. Di mana pada tahap pertama adalah untuk 20 orang. Sebelum hari H, terlebih dahulu didata siapa yang bersedia dan selanjutnya nama-nama tersebut dikirim ke faskes yang telah dihunjuk. Pada hari yang telah ditentukan, 20 orang yang telah mendaftar ini wajib hadir.

Pelaksanaan vaksin tidak akan dimulai bila belum hadir minimal 10 orang. Menurut petugas faskes, hal tersebut sesuai dengan sediaan vaksin. Di mana dalam 1 paket itu ada 10 vaksin yang bila sudah dibuka, harus digunakan dalam kurun waktu paling lama 6 jam. Maka untuk menghindari ada vaksin yang terbuang, harus dipastikan sudah ada 10 orang yang akan divaksin pada waktu yang bersamaan.

Setelah hadir minimal 10 orang, maka kami diberi nomor antri. Selanjutnya dipanggil sesuai nomor antrian untuk pendaftaran. Di bagian pendaftaran mengisi data meliputi nama, umur, alamat dan NIK. Setelah itu, masih di meja yang sama dilakukan pengukuran tekanan darah dan suhu tubuh.

Selesai dari pendaftaran, dipanggil ke meja selanjutnya, meja satu yaitu untuk verifikasi data.

Selanjutnya ke meja dua, di mana dilakukan skrining kesehatan sederhana dan anamnesa riwayat penyakit oleh dokter, termasuk riwayat alergi.

Setelah dinyatakan layak vaksin, selanjutnya menuju meja 3 yaitu penyuntikan vaksin. Vaksin disuntikkan di lengan sebelah kiri. Setelah selesai disuntik, kita diberi memo oleh petugas untuk dibawa ke meja 4.

Di meja 4 kita akan memperoleh sertifikat tanda sudah menerima vaksin dan kartu vaksin Covid 19 berisi tanggal vaksin serta tanggal vaksin berikutnya.

Walaupun sudah selesai, tidak boleh langsung pulang. Harus menunggu minimal 30 menit untuk observasi apakah ada reaksi dari vaksin yang tidak diharapkan. Puji Tuhan, dari rombongan kami semua aman. Hanya ada satu orang yang gagal vaksin karena ada riwayat Diabetes melitus. Sewaktu dicek kadar gula darah, ternyata memang tinggi. Ditambah lagi tidak rutin dalam pengobatan. Untuk sementara belum bisa divaksin tetapi terlebih dahulu diberi surat pengantar rujukan konsultasi ke dokter internis. Posisi beliau pun digantikan teman lain yang kebetulan datang juga.

Aku memang datang cepat dan memperoleh nomor antri satu. Namun sempat juga terbersit rasa cemas terkait riwayat alergi. Tahun 2010, pernah mengalami side effect dari golongan Metochlorpamide yaitu gerakan otot wajah yang tidak terkontrol. Tahun 2013, aku mengalami alergi Morphin sewaktu sectio anak ketiga, padahal sewaktu pemakaian pertama tahun 2011, tidak terjadi apa-apa. Ditambah lagi, setelah melahirkan anak keempat, rasanya daya tahan tubuh sering menurun dan lebih mudah mengalami alergi yang terkadang aku bahkan tak tahu penyebabnya.

Hal tersebut aku utarakan kepada dokter yang melakukan skrining. Kebetulan aku mengenal beliau karena pernah sama-sama bertugas di sebuah rumah sakit swasta, jadi lebih nyaman untuk konsultasi. Akan tetapi beliau mengatakan, yang perlu diperhatikan bila ada riwayat alergi vaksin. Karena memang tidak pernah ada, jadi layak vaksin.

Puji Tuhan, ternyata memang tidak ada masalah apa pun. Semua baik-baik saja. Selanjutnya 14 hari kemudian akan kembali divaksin untuk vaksin tahap dua.

Tak lupa buat dokumentasi. Sudah vaksin gitu lho ….😊
Pict. Gassmom

Gassmom, 23/03/21

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

10 replies on “Sudah Vaksin Covid-19”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s