Kategori
celoteh anak Daily Stories

Motel

Beberapa anak berhenti di depan rumah. Mereka mengadakan diskusi sebentar dan tak lama berteriak memanggil, “Bu … Ibu …, Bisa minta belimbing?”

“Iya, ambil saja. Tapi jangan merusak daunnya dan jangan membuang sampahnya ke parit ya.” Aku yang kebetulan sedang merapikan bunga-bunga di pot pun menjawab mereka.
Tanpa membuang waktu, mereka berbagi tugas. Ada yang memanjat dan ada yang menerima di bawah. Rupanya mereka bukan anak komplek ini, tapi anak dari kampung sebelah.

“Eh, kalian mau kemana ini?” Iseng aku bertanya kepada mereka.

“Mau ke sungai, Bu. Mau “motel” pelan-pelan.” ujar seorang anak.

“Oh, tapi ini mendung lho. Jadi ibu harap kalian jangan masuk ke sungai. Karena bisa jadi di tempat lain sudah hujan dan air sungai bisa tiba-tiba meluap.” Aku mengingatkan mereka. Walaupun tidak kenal, tapi sudah sewajarnya aku melakukan kewajiban sebagai orang dewasa.

“Iya, Bu. Paling duduk di pinggir ….” jawab mereka sebelum akhirnya mengucapkan terima kasih dan pamit.

Setelah mereka pergi, aku teringat dengan kata-kata “motel” yang mereka ucapkan. Lucunya, aku terlambat menyadari kata-kata itu, setelah mereka memetik belimbing. Jadi kesannya aku seolah mendukung untuk membatalkan puasa mereka.

Aku memang terlambat menyadari arti motel ini, karena rasanya sudah lama tidak mendengar istilah tersebut. Padahal dulu begitu familiar. Kata motel lebih sering diucapkan anak-anak dan remaja, artinya membatalkan puasa dengan secara sengaja. Kalau orang dewasa cukup sekedar mengatakan “batal” untuk membatalkan puasanya.

Mungkin karena aku sudah masuk ke golongan orang dewasa, jadi tidak memperhatikan mereka mengucapkan hal tersebut. Sehingga anak-anak tersebut pun pamit dengan membawa belimbing lumayan banyak, untuk motel.

Gassmom, 22. 04.2022

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

2 replies on “Motel”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s