Kategori
movie Movie Review

Ali and Ratu-ratu Queens

Ada banyak jalan untuk diterima, seperti ada banyak jalan kita untuk dikecewakan. Ada banyak jalan kita untuk menjadi satu keluarga, seperti ada banyak jalan untuk mencintai dan menjadi diri sendiri.

Ketika tahun lalu aku melihat teaser dari film ini, aku sudah sangat tertarik. Ekspektasi tentang queen begitu membuncah di hati. Apalagi melihat pemainnya yang keren-keren. Iqbaal Ramadhan sebagai Ali, ada Nirina Zubir, Happy Salma, Tika Panggabean dan Asri Welas. Benar-benar semua artis yang hebat dan tidak diragukan lagi.

Akan tetapi seperti biasa, walau sebesar apapun ketertarikan itu, tidak membuatku mengharuskan diri buru-buru untuk menonton. Malah aku menontonnya 1 tahun kemudian, ya di liburan lebaran 2022 ini. Ya, begitulah aku ….

Menonton full, ternyata ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan. Ratu yang kubayangkan bukan ratu dalam arti real. Demikian juga pemakaian kata queen yang di judul.

Film ini berkisah tentang Ali, seorang remaja lulusan SMA yang ditinggal pergi oleh ibunya sewaktu masih kecil. Ibunya pergi ke New York untuk mengejar impiannya dan tidak pernah kembali lagi. Setelah ayahnya meninggal, Ali menemukan surat-surat lama dari ibunya. Akan tetapi ternyata ayahnya tidak pernah membalas surat-surat tersebut. Surat-surat tersebut menimbulkan harapan Ali untuk dapat bertemu dengan ibunya.

Berbekal uang hasil mengontrakkan rumah serta alamat di surat lama ibunya, Ali pun nekat berangkat ke New York. Tiba di alamat tersebut, ternyata ibunya tidak ada lagi di situ. Yang dia temui adalah 4 orang wanita imigran Indonesia yang sekarang tinggal di sana. Salah seorang dari mereka memang sempat mengenal ibunya, tapi tidak tahu di mana lagi keberadaannya.

Mau tidak mau, Ali pun tinggal di rumah tersebut dengan membayar uang sewa. Kota tempat tinggal mereka inilah yang bernama Queens.

Tinggal bersama 4 wanita dengan karakter yang berbeda-beda, maka kekocakan demi kekocakan pun terjadi. Apalagi mereka bukan orang berkecukupan tetapi harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup di New York. Namun mereka dengan tulus bersedia membantu Ali untuk menemukan ibunya.

Akhirnya Ali pun bertemu ibunya yang telah memiliki kehidupan baru. Ada bahagia namun ada sedih karena semua memang telah berubah.

Konon film ini terinspirasi dari kisah nyata. Walaupun menurutku kurang greget, tapi hikmahnya dapat jugalah. Tentang kasih sayang, tentang pilihan hidup, tentang ikatan dalam keluarga. Juga persahabatan keempat wanita di Queen yang walaupun saling berbeda tapi saling melengkapi.

O, ya ada romansa juga yang terjadi antara Ali dan Eva, putri dari Ance, salah seorang dari keempat wanita di Queens. Walaupun romansa ini tidak ditonjolkan tapi lumayan berpengaruh juga memberi kekuatan kepada Ali yang sempat merasa terpuruk dengan sikap ibunya.

Untuk genre drama, dapat jugalah. Apalagi pertemuan demi pertemuan antara Ali dan ibunya, lumayan membuat air mata berlinang.

Untuk genre komedi, walaupun keempat wanita di Queens menonjolkan kekocakan masing-masing tetapi aku masih lebih geli melihat sessi dari budenya Ali yang diperankan Cut Mini Theo. Demikian juga anak si bude yang diperankan Bayu Skak. Kesannya begitu natural tanpa dibuat-buat tapi sangat menyenangkan melihatnya.

Satu lagi yang menarik dari film ini adalah lokasi yang menjadi latarnya yaitu New York. Jadi film ini menyuguhkan suasana New York dengan keindahan dan segala hiruk-pikuknya.

Tidak banyak quote yang aku catat dari film ini, tapi ada 3 yang cukup menarik yaitu:

  1. Namanya hidup, kita kan tak pernah bisa tebak ya. Naik, turun, kiri, kanan. Yang penting kita kuat saja. Hadepin. Sadar dan sabar. (Parti/ Nirina Zubir)
  2. Nekat itu penting. (Bia/ Asri Welas)
  3. Ada banyak jalan untuk diterima, seperti ada banyak jalan kita untuk dikecewakan. Ada banyak jalan kita untuk menjadi satu keluarga, seperti ada banyak jalan untuk mencintai dan menjadi diri sendiri. (Ali/ Iqbaal Ramadhan).
Ali and Ratu-ratu Queens

Judul : Ali and Ratu-ratu Queens
Genre : Drama, komedi
Tayang: 2021
Pemeran : Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Happy Salma, Tika Panggabean, Asri Welas, Marrisa Anita, Aurora Ribero, Bayu Skak, Cut Mini Theo.

Gassmom, 8 Mei 2022

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s