Kategori
Pematangsiantar

Pematangsiantar Sudah Level 3

Hari ini, Selasa 07 September 2021, Kota Pematangsiantar resmi turun level ke PKKM level 3. Setelah sebelumnya berada di level 4 tahap 2.

Hari ini juga, aku naik angkot sepulang kerja karena kabarnya angkutan tersebut sudah diperbolehkan jalan kembali. Awalnya aku naik angkot jurusan Rindam dari Jalan Rajamin Purba menuju Pasar Horas. Sebelum naik, aku memastikan apakah benar melewati Pasar Horas dan supirnya mengiyakan. Akan tetapi ternyata belum bisa melewati jalur biasa.

Bukannya lewat jalur Jalan Kartini seperti biasa, tetapi lurus terus ke Jalan Adam Malik, belok ke Jalan Sudirman lanjut ke Ade Irma dan lanjut ke Jalan Wahidin dekat rel kereta api. Bagi penumpang yang menuju Pasar Horas harus turun di sana dan terpaksa berjalan kaki lagi.

Tiba di Pasar Horas, nampaknya sudah mulai ramai seperti biasa. Toko-toko pun sudah buka. Angkot yang biasa berada di jalur Jalan Merdeka pun sudah nampak memenuhi halte masing-masing. Penjual makanan pun tampak sudah ramai, termasuk mie kuah goyang non halal yang menjadi tempat favoritku bila ingin makan di Pasar Horas. Tempat ini juga merupakan tujuan utamaku masuk ke Pasar Horas hari ini.

Sempat ada niat ingin mengambil dokumentasi suasana hari pertama turun level ini, namun aku mengurungkan niat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Harus tetap waspada, apapun ceritanya. Termasuk untuk urusan mengeluarkan perangkat ponsel segala macam.

Sepertinya semua memang sudah berjalan sebagaimana biasa. Akan tetapi ternyata masih ada yang belum. Masih ada armada angkot tertentu yang belum bisa masuk ke Pasar Horas. Termasuk diantaranya jurusan yang aku naik sebelumnya dan jurusan ke tempat tinggal kami. Mereka belum bisa masuk dan terpaksa menunggu penumpang di GOR. Hal yang membuatku terpaksa naik angkot lagi menuju GOR.

Menurut penuturan supir, awalnya mereka sudah bisa masuk ke Pasar Horas begitu pernyataan turun level resmi diumumkan. Akan tetapi keramaian yang luar biasa terjadi, kembali seperti sebelum ada PPKM. Hal tersebut membuat petugas memutuskan mengadakan pembatasan lagi untuk armada angkutan kota. Nanti mereka akan diberi kesempatan secara bertahap.

Menurutku, hal tersebut memang jauh lebih baik. Sedangkan masih ada pembatasan, Pasar Horas sudah seramai itu. Padahal walaupun sudah turun tetapi masih status level 3. Belum bebas sama sekali. Kalau langsung sebebas itu, ada ketakutan tersendiri kalau akan ada peningkatan kasus lagi.

Aku memang tidak masuk terlalu jauh ke dalam. Begitu selesai makan, langsung beranjak pulang. Akan tetapi, bisa terlihat keramaian itu sudah kembali. Termasuk di toko emas di depan BRI Jalan Merdeka, pengunjung begitu ramai. Menurut salah seorang penumpang angkot yang duduk di dekatku, para pengunjung toko emas itu kebanyakan menjual emas mereka. Sebanyak itu yang menjual, sampai yang punya toko sempat kehabisan uang tunai.

Siantar memang sudah turun level. Besar harapan, semua masyarakat mematuhi prokes. Supaya kasus  semakin menurun dan akhirnya nihil dan semua kembali berangsur pulih seperti sediakala.

Gassmom, 07/09/2021

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s