Kategori
Daily Stories

Pertama Kali Test Swab Antigen

Kemarin, untuk pertama kalinya aku mengikuti test swab antigen. Test yang dilakukan tanpa perencanaan sebelumnya. Sebenarnya tidak ada niat untuk test dan tidak juga mengalami keluhan apa-apa.

Kebetulan kantor kami bersebelahan dengan kantor lurah. Di sana sedang ada Posko PPKM yang dilakukan oleh relawan PPKM bersama pemerintah setempat, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yaitu Puskesmas di wilayah tersebut. Tujuan dari Posko tersebut adalah menekan kasus dan melandaikan kurva dari grafik Covid 19. Salah satu dari program kerja mereka adalah target swab untuk masyarakat. Melakukan test swab secara gratis kepada masyarakat. Kebetulan yang menjadi petugas swabnya adalah teman satu kerja sewaktu di instansi lain.

Awalnya aku ragu untuk test. Selain karena tidak ada gejala, ada ketakutan lain. Bukan takut dengan prosedur, tetapi takut akan hasilnya. Bagaimana kalau seandainya ternyata positif? Bisa saja tidak ada keluhan, namun ternyata masuk dalam golongan OTG, orang tanpa gejala.

Ketakutan yang memalukan sebenarnya, namun sangat lumrah untuk seorang sepertiku. Karena kalau seandainya positif pasti akan diarahkan ke tempat isolasi terpadu, tidak disarankan lagi untuk isolasi mandiri sehubungan dengan status PPKM level 4 tahap kedua. Susah membayangkan kalau itu sampai terjadi.

Akhirnya semua ketakutan ditepis, dan membulatkan tekad untuk mengikuti test swab. Proses test sangat cepat. Kita disuruh duduk, dengan posisi kepala sedikit menengadah. Masker diturunkan, hanya menutup mulut. Spesimen untuk pemeriksaan diambil dari hidung sebelah kanan dengan menggunakan stik swab. Ada sedikit nyeri tentu saja, karena ada benda asing yang memasuki hidung. Menunggu hasil juga tidak lama, tidak sampai 5 menit sudah bisa dibaca. Puji Tuhan, hasilnya negatif.

Bersyukur pastinya, tetapi tetap harus melakukan protokol kesehatan. Karena walaupun negatif hari ini, itu bukan jaminan untuk aman. Tetap harus waspada serta berdoa, semoga tetap dijauhkan dari si virus, semoga si virus lekas musnah dari bumi ini.

Walaupun sempat deg-degan dengan hasilnya, tetapi kemarin aku minta tolong seorang teman untuk merekam prosesnya. Akan tetapi ternyata dia terlambat merekamnya. Jadi video berjalan sesaat sebelum selesai pengambilan sampel. Akhirnya aku merekam lagi saat seorang teman ditest juga. Rekaman yang singkat karena prosesnya memang hanya sebentar. Bisa dilihat pada video yang di bawah ini.

Gassmom, 31/08/2021

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

6 replies on “Pertama Kali Test Swab Antigen”

Aku pernah swab tes sekali, itu juga yang mengadakan pihak kantor. Punya kekhawatiran yang sama tapi untung negatif juga. Di tempat mbak masih PPKM masih level 4? Semoga kasusnya cepat turun dan vaksinnya merata ya biar cepet turun juga level PPKM nya, sehat selalu jugak.

Disukai oleh 1 orang

Ketakutan yang lumrah, menurutku Mbak. Apalagi karena saya banyak yg harus dipikirkan termasuk 4 anak. Gimana kalau….., Ah tapi semoga jangan sampai terjadi.
Iya, Mbak di sini masih level 4.
Besar harapan memang cepat turun, karena situasi sudah mulai memanas.
Sehat selalu untuk kita semua.

Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s