Kategori
Daily Stories

Teruslah Menulis

Malam ini aku benar-benar tidak tahu mau menulis apa di blog. Padahal niat di hati, tidak ingin absen dulu walau sehari. Paling tidak sampai tercapai 50 hari menulis tanpa jeda, suatu push yang aku ajukan kepada diri ini beberapa waktu yang lalu.

Sebenarnya, bukan tidak ada ide. Banyak bahkan. Akan tetapi entah bagaimana, kata-kata yang bersilewaran di benak ini tidak ada yang mengasyikkan. Hanya seputar gejolak kehidupan dan segala permasalahannya. Padahal aku menulis semata untuk self healing, menyenangkan hati. Jadi kalau aku terus menulis seputar keresahan, bagaimana mau menyenangkan hati. Yang ada malahan menyusahkan hati.

Berusaha menemukan ide, aku pun membolak-balik buku sele-sele tempatku biasa mengorat-oret tulisan terutama puisi. Di buku ini tanpa sengaja aku menemukan sebuah catatan singkat sewaktu iseng mengikuti zoom meeting bersama penulis senior majalah Femina Ibu Belinda Gunawan pada bulan April lalu.

Ada beberapa hal penting yang aku tuliskan. Namun aku tertarik dengan satu catatan kecil berdasarkan pengalaman beliau dalam hal menulis.

Beliau mengatakan,

“Jangan pernah mengatakan mengalami block writing. Karena bila kita mengucapkan hal tersebut, itu menjadi semacam doa yang membuatnya menjadi kenyataan. Teruslah menulis.”

Belinda Gunawan

Jadi, walaupun merasa tidak memiliki ide, teruslah menulis apapun itu, berapa kalimat pun itu. Intinya, menulis. Karena biasanya bila sudah dimulai maka akan mengalir tanpa kita sadari. Akan tetapi bila kita mengatakan tidak bisa, maka seperti doa yang diaminkan, akan menjadi tidak bisa dan untuk memulai kembali biasanya sangat susah.

Gassmom, 12/08/2021

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

5 replies on “Teruslah Menulis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s