Kategori
celoteh anak

Datanya Dimatikan

Pagi yang cerah. Anak-anak di rumah Gass family pun larut dalam kesibukan belajar daring.

Sean si bungsu sudah berangkat ke sekolah. Karena dia masih TK, jadi gurunya mengambil kebijakan untuk mengadakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rumah pun tampak sepi karena anak-anak sudah mulai belajar. Sonia yang sudah duduk di kelas sepuluh, mengikuti zoom meeting di kamar. Sarah yang kelas lima, mengikuti zoom meeting di ruang depan. Sementara Sachio yang masih kelas tiga, belajar di ruang belakang.

Sekolah Sachio jarang melakukan zoom meeting. Guru lebih sering mengirim video dan audio saat menerangkan. Dikirim dari WhatsApp. Setelah video selesai, selalu ada tugas yang harus dikerjakan. Begitu juga dengan hari ini.

Karena Sachio masih kelas tiga, jadi masih sering diarahkan oleh mama untuk mengerjakan tugas. Setelah selesai mengarahkan, mama pun memberikan kesempatan kepada Sachio untuk mengerjakan sendiri, nanti diperiksa ulang sesudah selesai.

Mama pun berniat mengerjakan pekerjaan lain sembari menunggu Sachio menyelesaikan tugas. Rencananya mama akan mandi terlebih dahulu. Namun baru saja mama beranjak ke kamar mandi, mama mendengar sepertinya suara ponsel yang dipakai Sarah tidak terdengar. Padahal zoom meeting belum berakhir.

Merasa ada kejanggalan, mama pun bertanya kepada Sarah. “Sepertinya gangguan jaringan, Ma. Loading terus.” jawab Sarah.

Merasa heran kenapa gangguan jaringan bisa begitu lama, mama pun curiga dengan ponsel yang dipakai Sachio. Jangan-jangan Sachio berselancar ke aplikasi lain. Karena terkadang dia melakukan hal itu bila jenuh mengerjakan tugas. Padahal ponsel itulah sumber internet untuk ponsel yang dipakai Sarah, melalui WiFi.

“Sachio, jangan main-main. Jangan buka-buka aplikasi. Kerjakan tugasmu.” Mama pun meneriakkan hal tersebut kepada Sachio.

“Main-main apa? Abang mengerjakan tugas, koq.” Sachio pun menjawab tanpa mengalihkan pandangan dari ponsel dan buku tulisnya. Berarti betul dia sedang mengerjakan tugas.

“Pokoknya jangan utak-atik Hpnya ya ….” ujar mama lagi.

“Nggak lho, Ma. Data saja Abang matikan, koq.”

Ya, ampun … ternyata data selularnya dimatikan oleh Sachio. Pantas saja zoom meeting Sarah berhenti. Karena internetnya berasal dari ponsel yang dipegang Sachio.

“Lho, pantaslah. Kenapa dimatikan datanya?”

” Biar jangan terganggu mengerjakan tugas lho, Ma. Kan mama yang bilang, kalau video sudah didownload, matikan saja data. Biar teman Mama tidak melihat Mama online tapi WA tidak dibaca. Ini sudah Abang matikan.” Bukannya merasa bersalah, Sachio bahkan merasa berjasa karena telah menyelamatkan mama dari terlihat online tapi tak membaca pesan WA.

“Iya, itu biasanya. Tapi Sarah kan lagi zoom, datanya dari Hp ini ….” Mama pun bergegas mengaktifkan data seluler kembali. Sarah pun kembali tersambung dengan zoom dari kelasnya.

Gassmom, 05/08/2021

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

2 replies on “Datanya Dimatikan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s