Kategori
buku Buku Saya

Hatosongu (Antologi Gogyoshi)

FATAMORGANA

Kabut nelangsa
Kian tebal selimuti Sukma
Pelipur lara tiada
Semua sebatas sandiwara
Sekedar fatamorgana

Hatosongu, hal. 80

Puisi di atas merupakan salah satu dari lima puisi milikku yang ikut meramaikan buku antologi Gogyoshi berjudul Hatosongu.

Beberapa bulan yang lalu, aku sudah pernah menuliskan tentang apa itu Puisi Gogyoshi di blog ini. Saat itu kebetulan baru selesai menyimak materi terkait hal tersebut. Beranjak dari materi itu, diperoleh kesepakatan untuk membuat buku antologi Gogyoshi. Tema bebas dan setiap kontributor mengirim maksimal 5 puisi.

Sekarang bukunya sudah terbit. Dari awal memang sudah diberitahu bahwa ukuran buku tersebut lebih kecil dari buku kebanyakan. Memang ada 23 orang yang berpartisipasi, namun karena Gogyoshi ini hanya terdiri dari 5 larik pastinya tidak membutuhkan banyak tempat. Jadilah bukunya lahir dengan mungil. 

Imut dan unik tapi manis, begitulah buku ini jadinya. Dengan tampilan sampul bernuansa negeri sakura, asal dari Puisi Gogyoshi. Senada dengan judul yang dihasilkan dari voting, “Hatosongu” artinya nyanyian hati.

Dengan bentuk buku yang mungil begini, seolah ini adalah kitab kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Kitab Gogyoshi yang berisi puisi-puisi singkat namun menarik.

Hatosongu, bukunya mungil banget.
Pict. Gassmom
Cover belakang
Pict. Gassmom

Setelah buku ini, masih ada rencana untuk antologi Gogyoshi selanjutnya. Akan tetapi, kali ini diberi tema yaitu Spiritual Gogyoshi. Siapa tahu ada yang berminat untuk ikut antologi ini, masih ada kesempatan untuk bergabung sampai pertengahan Agustus nanti. Bila berminat, nantinya akan dimasukkan ke dalam WA grup dengan penanggungjawab event Mbak Genoveva Dian.

Judul Buku : Hatosongu
Penulis : Gogyoshinus Absolute Writing
Penerbit : CV Elfa Mediatama
Tahun Terbit : Cetakan I, Juli 2021
Jumlah Halaman : 110 hal

Gassmom, 29/07/2021

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

8 replies on “Hatosongu (Antologi Gogyoshi)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s