Kategori
Buku Saya

Cerdik-Kumpulan Cerita Anak (Antologi Cerita Anak)

Semasa kecil, aku pernah memiliki angan-angan ingin menulis buku cerita untuk anak. Akan tetapi seiring waktu berjalan, semua keinginan seolah semakin terkikis, bahkan nyaris tak tersisa.

Ketika kemudian aku mengenal blog, niat itu timbul kembali. Awalnya ingin membuat semacam kisah sehari-hari dengan keempat anakku. Namun tidak konsisten dalam menulis, membuat hal itu semakin mustahil.

Hingga akhirnya semesta mempertemukan aku dengan penerbit Elfa Mediatama yang rajin menyelenggarakan event menulis. Salah satunya adalah “event menulis bareng cerita untuk anak” dengan penanggung jawab event Mbak Alpha. Menulis cerita anak dengan tema edukasi, jumlah kata 300-900 kata. Sasaran pembaca adalah anak usia 7-12 tahun serta orang tua yang ingin membacakan cerita untuk anaknya. Tanpa berpikir panjang, aku pun mendaftar untuk ikut.

Sekarang buku hasil dari nubar tersebut telah terbit. Buku berjudul Cerdik, berisi 41 cerita yang cerdas dan mendidik. Di buku ini aku menjadi kontributor untuk 2 cerita. Berjudul “Pangeran Gian dan Pomade” dan “Mulai dari Diri Sendiri“.

Cover belakang. Tertera juga nama para kontributor.

Kedua cerita itu merupakan hasil dari nekat serta kemaruk. Kenapa aku mengatakan nekat dan kemaruk? Karena setelah aku di dalam grup, ternyata para peserta sudah mengikuti kelas menulis cerita anak terlebih dahulu. Sementara aku hanya bermodal flyer, jalan pintas dari event yang sebelumnya aku ikuti. Untung aku mengetahuinya belakangan, sehingga tidak minder duluan.

Aku juga mengatakan kemaruk karena nekat mengirimkan 2 cerita, dengan logika biar jangan merasa rugi sewaktu membeli buku nantinya. Dengan dua cerita, aku merasa beruntung. Maklumlah, jiwa pelitku masih terlalu kuat, termasuk dalam urusan begini. Jadi sebisa mungkin, untung ruginya juga aku pertimbangkan.

Aku sendiri belum selesai membaca buku ini, tetapi anakku Sonia dan pastinya si kutu buku Sachio sudah selesai membacanya. Menurut mereka cerita-cerita dalam buku ini seru.

Mereka memiliki favorit masing-masing. Kalau Sonia paling suka cerita dari Ibu Septini Siregar berjudul “Pohon Jambu Kakek” dan dari aku sendiri berjudul “Pangeran Gian dan Pomade” (sepertinya ada maunya ini, makanya dia bilang suka itu he he he).

Sachio paling suka cerita dari Ibu Ida Setianingsih berjudul “Fajar dari Arut Selatan” dan cerita dari Ibu Ita Tjahjani berjudul “Kisah Petualangan Jojo Menghadapi Penculik”.

Terlepas dari aku menjadi salah satu kontributor buku ini, menurutku buku ini memang keren dan recommended untuk menjadi bahan bacaan anak. Cerita yang tersaji benar-benar mendidik, dengan bahasa yang mudah dimengerti. Mengangkat masalah keseharian anak, memberikan ajaran tanpa terkesan menggurui. Ditambah lagi buku memiliki gambar, tetapi sengaja dibuat tidak berwarna dengan tujuan supaya bisa diwarnai oleh anak yang gemar mewarnai.

Senang rasanya menorehkan nama dan tulisan dalam antologi ini. Menimbulkan semangat dan motivasi baru. Kalau ada event begini lagi, sepertinya pengen ikutan juga … eh😀🤫

Judul Buku : Cerdik-Kumpulan Cerita Anak Cerdas dan Mendidik
Penulis : Tim Penulis Cerita Anak
Penerbit : Elfa Mediatama
Tahun Terbit : Cetakan Pertama April 2021
Jumlah Halaman : 268 halaman

Gassmom, 23/04/2021

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

5 replies on “Cerdik-Kumpulan Cerita Anak (Antologi Cerita Anak)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s