Kategori
pengalaman

Kelas Kepenulisan Absolute Writing 2020

Biasanya akhir tahun disibukkan dengan menghadiri Natal demi Natal. Namun berhubung masih suasana waspada Covid, tahun ini kegiatan itu tidak ada yang aku ikuti kecuali virtual.

Selain Natal virtual, aku juga mengikuti sesuatu yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Mengakhiri 2020 dengan mengikuti kelas menulis, Free online writing class diberi tajuk Absolute Writing yang diselenggarakan oleh Penerbit Elfa Mediatama.

Hal ini berawal dari satu kebetulan. Aku yang sudah malas buka medsos, entah kenapa berniat stalking seseorang yang punya nama di daerah kami. Kebetulan aku baru melewatkan sebuah peristiwa di mana ada beliau juga ambil bagian. Hanya sedikit penasaran, walaupun aku tahu kegiatan itu tidak akan dipublish. Nah, dalam stalking ini, aku menemukan postingan beliau sedang memberikan testimoni tentang sebuah buku. Rasa penasaran pun melonjak lagi. Stalking ke buku dan berlabuh ke panfage Elfa Mediatama.

Singkat cerita, hal tersebut membuatku berada dalam sebuah grup nubar. Dalam grup, menerima informasi terkait kelas kepenulisan gratis dan jadilah aku merelakan diri tercebur ke dalam grup kelas tersebut.

Kelas berlangsung selama 11 hari, dari tanggal 17 – 30 Desember 2020, dimulai pukul 20.00 WIB. Ada 11 materi seperti yang tertera pada gambar di bawah.

11 sessi 11 hari.

Ada pun para pemateri yaitu:

  • Hanasuri kenda
  • Talhah Lukman Ahmad⁩
  • Agus kurniawan
  • Bun Siaw Yen⁩
  • Yosep Yuniarto⁩
  • Suhunan Situmorang⁩
  • Vita Suwarno
  • Ken Agnibaya
  • Fakhriah Ilyas⁩
  • Genoveva Dian
  • Santi SJ
Deretan pemateri yang luar biasa.

Bagiku, ini merupakan pengalaman pertama mengikuti kelas kepenulisan. Ternyata, banyak sekali manfaat yang diperoleh. Banyak hal baru yang belum pernah aku dengar sebelumnya. Juga ilmu-ilmu terkait kepenulisan, bukan hanya sekedar menulis bahkan mengupas tentang artikel, opini, dunia CEO, website bahkan penerbitan. Seperti yang dikatakan para peserta lain, bahwa “daging” semua materi kelas tersebut.

Walaupun kelas berlangsung dalam grup WA tetapi asyik untuk disimak. Karena para pemateri juga cukup luwes dalam memaparkan materi. Termasuk juga Ketua Event Imah Fathi yang sangat kocak namun terarah. Ditambah lagi para admin yang sangat bersahabat dan mampu menghidupkan suasana. Barisan para admin terdiri dari para penulis yang juga telah banyak menghasilkan karya, diantaranya Naomi Kanaya dan Marie Julie Simbolon.

Pada akhir setiap sessi selalu ada notulen, yang memungkinkan tetap mengikuti walaupun tidak menyimak dari awal.

Yang pasti, kelas ini keren. Aku sangat bersyukur berada dalam kelas tersebut. Walaupun mungkin aku tidak bisa menyimak dan menyerap seperti yang lain, namun paling tidak membuka sedikit pikiran dan memberikan pencerahan terkait menulis.

Akhir kata, terima kasih kepada Elfa Mediatama yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut, terima kasih juga kepada para pemateri hebat yang telah memberikan ilmu yang luar biasa, terima kasih kepada para admin dan notulen. Kiranya kegiatan ini memberi dampak positif bagi setiap peserta termasuk diriku.

Gassmom, 030121

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

17 replies on “Kelas Kepenulisan Absolute Writing 2020”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s