Kategori
Review Buku

The Secret-Rhonda Byrne ( Review Buku)

Nikmati hidup, karena hidup itu sungguh luar biasa! Hidup adalah perjalanan yang indah!

The Secret, sebenarnya buku ini sudah lama aku baca. Adik bungsuku memberikan ini sebagai kado ulang tahun pada tahun 2014. Kemarin dia menghubungi dan menanyakan buku ini dan memberi saran bagaimana kalau buku ini diberikan lagi ke adikku nomor 3. Kebetulan saat ini, adik perempuanku itu sedang dalam kondisi tidak baik terkait kesehatan. Jadi, adik bungsuku berharap kalau dia membaca buku ini maka semangat untuk sembuh muncul. Atau harapan kami, kesembuhan itu muncul sebagai mukjizat.

Awalnya aku berniat membeli buku yang baru. Aku memang selalu berat untuk melepas buku yang sudah sempat menjadi milikku. Tapi akhirnya aku berubah pikiran. Buku ini akan aku serahkan ke adik perempuanku sesuai amanah. Karena kalau dipikir, berada bersamaku pun hanya sebagai koleksi, belum tentu juga membacanya dalam waktu dekat. Jadi alangkah baiknya kalau menjadi bermanfaat dengan meneruskannya ke adikku. Tapi sebelum aku serahkan, aku ingin menuliskan sedikit tentang buku tersebut dan apakah ada pengaruhnya ke diriku.

The Secret, mungkin sudah banyak yang tahu atau minimal pernah mendengar. Karena buku ini cukup fenomenal, filmnya juga ada dan sampai saat ini fan page dengan nama sama tetap eksis dengan beberapa postingan rutin setiap hari dan tetap dikunjungi ribuan orang. Terlihat dari jumlah like dan share.

The secret yang dimaksud dalam buku ini adalah rahasia besar kehidupan yang mampu mengubahkan kehidupan manusia. Berawal dari Rhonda Byrne yang memperoleh kilasan tentang rahasia tersebut dan berniat menggali lebih dalam sehingga akhirnya beliau berhasil menghimpun 24 guru besar yang menguasai tentang rahasia tersebut. Pemaparan demi pemaparan dari 24 guru besar tersebut tentang rahasia menjadi isi dari buku ini. Salah satu dari mereka adalah Jack Canfield, nama yang paling familiar bagiku karena dulu suka membaca Chicken Soup For the Soul bahkan memiliki beberapa seri dari buku itu.

Sebenarnya aku ingin membaca ulang buku ini tetapi karena waktu terbatas (besok aku berniat mengantarnya ke rumah sakit tempat adikku opname), jadi aku hanya menuliskan secara garis besar berdasarkan apa yang kubaca tahun 2014.

Secara garis besar inti dari buku ini adalah kekuatan pikiran serta hukum tarik menarik. Apakah itu menyangkut kesuksesan, materi atau pun kesehatan. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Bagaimana kita hari ini adalah apa yang kita pikirkan di masa lampau.

Pikiran bersifat magnetis, dan pikiran memiliki frekuensi. Ketika Anda memikirkan pikiran-pikiran, pikiran-pikiran itu dikirim ke Semesta, dan secara magnetis pikiran akan menarik semua hal serupa yang berada di frekuensi yang sama. Segala sesuatu yang dikirim keluar akan kembali ke sumbernya—Anda. (hal. 29; ringkasan rahasia)

Pikiran yang sedang Anda pikirkan saat ini sedang menciptakan kehidupan masa depan Anda. Apa yang paling Anda pikirkan atau fokuskan akan muncul sebagai hidup Anda. (hal. 29; ringkasan rahasia)

Jadi, bila ingin hal baik pikirkanlah apa yang baik. Bagaimana kita dapat mengetahui baik buruknya pikiran kita? Yaitu dengan perasaan. Apa emosi yang dirasakan.

Pikiran menentukan frekuensi Anda dan perasaan segera mengatakan frekuensi Anda berada di mana. Ketika Anda merasa buruk, Anda berada di frekuensi yang menarik lebih banyak hal buruk. Ketika Anda merasa baik, Anda menarik sepenuhnya lebih banyak hal baik kepada Anda.(hal. 49; ringkasan rahasia)

Buku ini juga membahas bagaimana kekuatan pikiran dapat menarik uang ke dalam kehidupan kita. Memikirkan kekayaan, berimajinasi memiliki uang atau kekayaan bahkan berlaku seolah kekayaan itu sudah ada di tangan kita.

Untuk menarik uang, berfokuslah kepada kekayaan. Mustahil untuk mendatangkan lebih banyak uang ke dalam hidup Anda jika Anda berfokus kepada kekurangan uang. (hal. 131; ringkasan rahasia)

Demikian juga halnya dalam menjalin relasi. Tidak ada orang lain yang bisa menjamin kebahagiaan kita kecuali kita sendiri. Dan bagaimana hubungan kita dengan orang lain ditentukan apa yang mengisi pikiran kita. Hal utama yang dilakukan adalah mencintai diri sendiri. Cinta adalah frekuensi tertinggi. Ketika pikiran kita dipenuhi cinta maka semesta akan mengembalikan semua cinta dengan lebih lagi.

Perlakukan diri dengan cinta dan hormat, maka Anda akan menarik orang-orang yang menunjukkan cinta dan hormat kepada Anda. (hal. 145; ringkasan rahasia)

Rahasia juga mengungkapkan bagaimana pikiran bisa menyembuhkan penyakit. Dari hal sederhana seperti rabun sampai kanker. Hati yang gembira, memikirkan kesembuhan seolah sudah sembuh. Hal ini jugalah yang ingin kami bagikan kepada adik kami. Semoga dengan membaca buku ini, ada kekuatan baru yang dia peroleh. Semoga rahasia bisa dia terapkan untuk kesembuhannya

Berfokus kepada kesehatan sempurna” adalah sesuatu yang dapat kita semua lakukan di dalam diri, terlepas dari apa yang sedang terjadi di luar diri. (hal. 165; ringkasan rahasia)

Penyakit ditahan di tubuh oleh pikiran, oleh pengamatan penyakit, dan oleh perhatian yang diberikan kepada penyakit. Jika Anda merasa tidak enak badan, jangan membicarakannya— kecuali jika Anda menginginkan lebih banyak keadaan tidak enak. Jika Anda mendengarkan orang lain membicarakan penyakitnya, Anda menambah energi kepada penyakit mereka. Sebaiknya, gantilah perbincangan ke hal-hal yang baik, dan berikan pikiran yang kuat dalam melihat orang itu dalam keadaan sehat. (hal. 165; ringkasan rahasia)

Buku ini juga mengungkapkan bagaimana menyikapi situasi dunia yang tidak sesuai kehendak kita. Sesungguhnya kita tidak bisa menolong dunia jika kita tetap berfokus kepada hal negatif yang terjadi. Malah dengan kita memikirkan hal negatif seperti perang atau keributan yang terjadi, maka semesta mengembalikan semua yang kita pikirkan dan hal tersebut semakin menjadi-jadi. Jadi daripada memikirkan sisi negatif, sebaiknya puji dan berkati segala yang ada di dunia.

Puji dan berkati segala sesuatu yang ada di dunia, Anda akan melarutkan segala negativitas dan ketidakselarasan, serta menyelaraskan diri dengan frekuensi tertinggi—cinta. (hal183; ringkasan rahasia)

Pembahasan selanjutnya berjudul Rahasia Anda, terkait dengan pembaca. Intinya tetap yaitu mencintai diri sendiri, menghargai diri sendiri dan fokus kepada diri sendiri.

Lepaskan kesulitan, aturan budaya, dan keyakinan sosial masa lalu. Anda adalah satu-satunya orang yang dapat menciptakan kehidupan yang pantas bagi Anda. (hal. 209; ringkasan rahasia)

Ulasan terakhir dengan judul Rahasia Kehidupan, mengungkapkan bagaimana kita harus mengisi papan tulis kehidupan kita dengan apa yang kita inginkan. Tetapi dengan catatan, harus bahagia dan senang melakukannya. Kutipan yang paling aku suka dari bab ini yaitu:

Nikmati hidup, karena hidup itu sungguh luar biasa! Hidup adalah perjalanan yang indah! (Bob Proctor, hal. 215)

Sungguh buku ini penuh dengan motivasi dan inspirasi. Saat ini memang sudah banyak buku motivasi yang memuat hal serupa. Tetapi buku ini tetap luar biasa. Adik bungsuku mengatakan bahwa dia banyak menerapkan apa yang tertulis di buku ini dan mengalami sendiri hasilnya. Itu sebabnya dia menghadiahkan untukku karena dia tahu aku suka membaca. Dia mengatakan bahwa dia yang tidak terlalu hobi membaca pun bisa larut membaca buku ini.

Yups, terus terang aku suka membaca buku ini. Apalagi karena buku ini aku peroleh sebagai hadiah. Terlepas dari isi, hal lain yang aku suka dari buku ini adalah design cover dan isi yang menurutku cukup unik serta menarik. Membuat pembaca tidak merasa bosan karena sama seperti buku motivasi lain, banyak hal yang dibahas berulangkali karena sesungguhnya begitulah inti motivasi.

Besok aku akan mengantar buku ini ke rumah sakit sesuai amanah. Semoga adikku yang sedang sakit, membaca dan menerapkan serta merasakan hasil dari kekuatan pikirannya, untuk pulih dan sembuh.

Design dalam buku
Design dalam buku

Awalnya aku berniat melanjutkan tulisan ini, apakah aku menerapkan atau bagaimana. Tapi karena ini sudah dini hari, rasanya aku sudahi saja sampai di sini. Mudah-mudahan bila mood sedang baik, aku bisa menuliskan lagi tentang apakah aku menerapkan atau bagaimana.

Judul Buku : The Secret
Penulis : Rhonda Byrne
Alih Bahasa : Susi Purwoko
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Cetakan enam belas, Oktober 2012

Jumlah Halaman: 236 Halaman

Gassmom, 040920

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

14 replies on “The Secret-Rhonda Byrne ( Review Buku)”

Saya udah lama banget baca buku ini, udah lupa πŸ˜‚ Terima kasih udah menuliskan kembali review- ya Mbak.
Lekas sembuh untuk adiknya Mbak Sondang. Semoga hadiah buku bagus dari kakaknya tercinta bisa mengembalikan semangatnya πŸ₯°

Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s