Kategori
kristik

Cara Mengatasi Jaring Kristik Yang Koyak

Kristik jadoel yang menggunakan benang woll pasti identik dengan jaring plastik. Karena awalnya memang menggunakan jaring plastik. Namun akhir-akhir ini, jaring sudah sering diganti menjadi kain strimin. Karena entah kenapa, ternyata bahan jaring plastik sekarang ini tidak sama kwalitasnya dengan jaring plastik zaman dahulu. Sekarang sepertinya lebih rapuh sehingga mudah koyak.

Walaupun begitu, masih saja ada yang bertahan menggunakan jaring plastik. Karena memang jaring plastik yang disediakan bila kita membeli paket kit. Terkadang ada rasa sayang kalau tidak memakai.

Tapi itu tadi, resiko untuk koyak sangat besar. Bahkan jarang ditemukan ada jaring plastik yang tidak mengalami rapuh dan koyak di tengah-tengah pengerjaaan.

Kalau sudah terlanjur memakai jaring plastik dan ternyata rapuh bahkan koyak, pastinya harus diatasi. Karena kalau dibiarkan maka tidak bisa dilanjutkan.

Kalau aku mengalami hal tersebut, yang kulakukan adalah menambal dengan jaring yang baru. Kalau hanya sedikit, misalnya hanya 1 kotak mungkin tidak ditambal tetapi diakali dengan mengaitkan benang yang satu dengan yang lain. Tapi kalau sudah banyak, mau tidak mau harus ditambal.

Belajar dari pengalaman, aku selalu menyediakan jaring lain. Biasanya aku simpan dari kelebihan jaring kristik sebelumya. Saat menemukan jaring yang koyak, jaring sisa tersebut digunting sesuai ukuran yang dibutuhkan. Potongan tersebut diletakkan di bagian belakang jaring yang koyak. Diratakan dan dicocokkan antara lobang jaring. Setelah rapi, kemudian dikristik seperti biasa. Yang menjadi patokan adalah jaring tambalan yang dibelakang.

Dengan cara menambal seperti itu, biasanya mengkristik menjadi lancar jaya sampai tuntas.

Kemarin sebagian proses tersebut aku rekam menjadi sebuah video. Bila ingin melihat secara audiovisual, boleh membuka tautan tersebut. Dan bila berkenan, boleh subscribe, like and share.

Gassmom, 150720

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s