Kategori
kristik

Kristik Pola Kain Untuk Pemula

Banyak teman yang mengatakan ingin mengerjakan karya kristik tapi tidak tahu memulai dari mana. Sebagai teman yang “baik” (ehem, …) aku menyarankan untuk mengerjakan kristik jadul saja dengan modal murah meriah dan kalau hancur diuwel-uwel kita tak merasa rugi. Eh, diuwel-uwel itu apa ya bahasa Indonesianya? Pokoknya, mau dibongkar pasang, tusuk sana sini, atau akhirnya kucel seperti kain pel karena harganya murah jadi sah-sah saja untuk sebuah percobaan. Aku mengatakan begitu karena itulah yang kulakukan saat memulai belajar kristik.

Tetapi ternyata tidak semua orang sesabar aku (ehem, …), banyak orang yang gemas kalau bolak balik coba, tusuk sana tusuk sini tapi belum menghasilkan sesuatu juga. Bisa dimaklumi memang, seiring perkembangan zaman maka tidak zamannya lagi menghabiskan banyak waktu percuma.

Dan, bagi orang yang tidak suka begitu tetapi tetap punya keinginan kuat untuk menghasilkan suatu karya kristik maka aku punya solusi lagi. Yaitu mengerjakan kristik modern dengan pola kain. Harga memang lebih mahal dari yang aku sebutkan pertama tadi. Tapi untuk sebuah tekad kuat, rasanya oke-oke saja berkorban sedikit.

Kristik modern dengan pola kain ini adalah sebuah kit atau paket lengkap untuk satu motif. Di mana motifnya sudah dicetak langsung ke kain. Jadi tidak perlu hitung-hitungan lagi. Tinggal lihat kode pola dan cocokkan kode benang terus tusukkan dengan mengikuti gambar yang sudah ada.

Biasanya pola kain ini adalah produk import dari Cina. Semacam KW kalau menurutku. Karena kalau pola original dari designer kristik langsung sepertinya jarang yang pakai pola kain. Harga juga lebih murah karena ini bukan original. Kalau aku lihat di postingan sticher yang menjual atau membeli kit original maka harganya jauh lebih mahal. Tetapi bagi pecinta karya asli dan mempunyai budget untuk itu, harga pasti tidak menjadi masalah. Beda dengan diriku si budget pas-pasan.

Kembali ke pola kain tadi. Kemarin aku membuka satu kit milikku yang kebetulan pola kain. Kit tersebut dari NKF dengan judul pola “waterfall“. Beli dari online shop 3 tahun lalu ( Maret 2017) tapi baru dibuka sekarang. Saat itu sedang ada promo jadi harganya lebih murah lagi, di bawah seratus ribu Rupiah.

Di bawah ini adalah gambar pola tersebut sebagai contoh dan gambaran bila ada yang berminat mencoba. Kalau pola ini mungkin masih agak ribet bagi pemula. Tapi kalau memang serius banyak koq pola yang lebih simpel dan kecil.

Paket Kristik Pola Kain

Bila membeli kit ini yang kita dapatkan dalam paket tersebut yaitu:

1. Kain aida berisi pola yang sudah tercetak di kain.

2. Pola kertas

3. Needle 2 pcs

4. Benang sesuai dengan warna yang dibutuhkan

5. Petunjuk dasar mengerjakan kristik dalam bahasa Inggris.

Isi Paket Kristik Pola Kain

Jadi dengan kata lain, kita tinggal mengerjakan saja, tinggal cucuk sana sini tanpa perlu hitung-hitung. Bagi pemula yang ingin mencoba, bolehlah mempertimbangkan membeli pola ini. O, iya … kemarin waktu membuka pola ini, sempat membuat rekaman videonya di sini.

Gassmom-

Pematangsiantar, 040420

 

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

3 replies on “Kristik Pola Kain Untuk Pemula”

Sepertinya iya Mbak mengerjakan kristik perlu kesabaran. Dulu saya sering lihat adik saya mengerjakan kristik. Lumayan gede ukurannya. Terus di kasih pigura, di gantungkan di ruang tamu rumah orang tua saya. Kristik itu jadi kenang-kenangan abadi tentang adik saya karena ia telah tiada.

Lanjut dengan kristiknya ya Mbak

Salam dari saya di Sukabumi

Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s