Kategori
Review Blog

Blog Gassmom, Review 2019

Tahun 2019 tinggal hitungan jam, selanjutnya kita melangkah ke tahun yang baru 2020. Sebelum tahun ini berakhir, aku ingin menuliskan sedikit review tentang blog ini.

Ini untuk pertama kali aku membuat sebuah review tentang blog ini karena walaupun blog ini dibuat 12 Juli 2016 tetapi seyogyanya aku aktif sejak penghujung tahun 2018. Itupun tahun ini sempat vakum selama beberapa bulan. Walaupun sempat vakum tapi tahun 2019 aku termasuk produktif dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2016 hanya 18 tulisan, 2017 hanya 20 tulisan, 2018 ada 43 dan tahun ini ada 171 belum termasuk tulisan ini. Awal tahun kemarin aku tak berharap banyak. Yang penting menulis tanpa memperhitungkan viewer paling tidak sama dengan tahun kemarin, tapi bila ternyata melampaui itu, Puji Tuhan.

Berikut grafik perbandingan tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Berikut gambaran selama 1 tahun ini.

Dan ini adalah gambaran aktifitas selama blog ini ada. Waktu terbaik adalah hari Minggu tetapi sepertinya ini bisa berubah karena sebelumnya waktu terbaik adalah Sabtu.

Berikut komentator yang turut meramaikan blog ini di mana komentar terbanyak adalah dari Pak Guru Layang Seta.

Adapun yang paling banyak dikunjungi adalah lirik lagu rohani yang aku salin ulang di sini. Aku sama sekali tidak menyangka akan sering dikunjungi karena sebenarnya aku menuliskan itu hanya sebagai catatan pribadi karena punya pengalaman dan renungan tersendiri pada lagu tersebut. Ada juga tulisan jadul yang masih sering dikunjungi sampai saat ini yaitu Permen Hacks, Dulu Kutolak Sekarang Kucinta.

Sampai hari ini aku belum bisa menjaga konsistensi dalam menulis, hanya semau gue kapan suka. Dan tulisan di sini pun masih jauh dari berkualitas karena hanya berisi tulisan receh. Tapi aku tidak terlalu perduli sebenarnya dengan hal itu, intinya aku melakukan apa yang membuatku bisa senang dan bahagia. Selama itu tidak menyalahi aturan, selama itu bisa memberikan kebahagiaan untuk diriku dan selama aku masih mampu maka aku lakukan tanpa harus memusingkan bagaimana pendapat orang.

Berikut aktifitas blog hari ini, dan di sini bisa dilihat betapa aku masih jauh dari sebuah konsistensi.

Demikian sekilas review blog ini untuk tahun 2019. Dan postingan ini bukan bermaksud apa-apa hanya sekedar review dan sekedar memberi motivasi bagi diri sendiri supaya tahun 2020 bisa lebih baik lagi.

Gassmom-
Pematangsiantar, 301219

Iklan

Oleh Sondang Saragih

Semua baik, apa yang Tuhan perbuat dalam hidupku.
Everymoment Thank God.

28 replies on “Blog Gassmom, Review 2019”

Wow wow wow, Keren Ito. U r the best lah pokoknya.

Mari jadikan tahun 2020 sebagai tahun aktif dan produktif untuk menulis.

Sedikit koreksi di awal tulisan yaitu pada kata pertama di paragraf pertama. Untuk penulisan angka di awal kalimat maka mesti ditulis dengan tulisan. Misal 10 ekor sapi — diperbaiki menjadi : Sepuluh ekor sapi.

Atau beri kata sebelumnya, misal 2019 tinggal hitungan jam — diperbaiki menjadi : Tahun 2019 tinggal hitungan jam

Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s