Ikatan Kata, Mood Booster Untuk Menulis Lagi

Menulis itu mengasyikkan, yang suka menulis pasti mengatakan itu. Bahkan banyak orang yang cenderung lebih gampang mengutarakan isi hatinya lewat tulisan daripada berbicara langsung. Aku termasuk dalam kategori orang yang seperti itu. Aku bisa menuliskan apa yang kupikirkan secara panjang lebar seakan halaman yang kusediakan tidak akan cukup menampung isi hatiku. Tapi begitu berbicara langsung dan apa yang aku utarakan dituang ke dalam bentuk tulisan maka bisa jadi apa yang aku utarakan tersebut hanya terdiri dari 3 paragraf yaitu pembuka, isi dan penutup dimana itu pun tak sampai 1 halaman.

Menyedihkan ya menjadi orang seperti itu? Tapi bagiku itu sah-sah saja karena bukankan semua manusia diciptakan dengan talenta yang berbeda. Ada yang pintar bicara, tetapi tidak semua pintar bicara karena kalau semua pintar bicara jadi siapa yang mendengar. Dan yang pintar bicara juga kebanyakan malah tidak tahu menuangkan apa yang dia ucapkan ke dalam bentuk tulisan. Jadi, Tuhan memang adil. Walaupun semua itu bisa saja berubah, tergantung kepada kemauan seseorang untuk belajar dan mengubah diri.

Berbicara tentang menulis, walaupun tidak pintar tetapi aku suka menulis dan senang membaca tulisanku sendiri. Bahkan aku sering berkhayal membuat buku yang berisi tulisan- tulisan recehku tersebut. Tetapi keinginan tidak selalu berbanding lurus dengan perbuatan. Demikian juga aku, ingin mempunyai tulisan tetapi rasa malas lebih sering mempengaruhiku untuk tidak menulis. Ditambah lagi aku memiliki sifat moody yang memperburuk keadaan. Makanya tak heran kalau blog ini pernah mati suri bertahun lamanya sejak dibuat. Baru-baru ini juga blog ini nyaris kolaps karena aku benar-benar malas untuk membuat sebuah tulisan singkat dan sangat receh sekalipun.

Sampai akhirnya, bulan lalu sewaktu koment di blog Fahmi Ishfah, seorang bloger yang cukup produktif juga di dunia per-blog-an, beliau mengajak untuk bergabung di sebuah komunitas bloger. Saat itu masih dalam tahap rencana dan penjaringan anggota. Target saat itu, bila sudah terkumpul 10 orang maka akan dibentuk. Awalnya aku ragu untuk mengiyakan mengingat aku bukan seorang yang aktif. Tapi setelah aku pikir ulang, akhirnya aku setuju untuk bergabung.

Saat ini komunitas yang diberi nama IKATAN KATA tersebut sudah terbentuk dibidani dan diasuh langsung oleh Fahmi Ishfah sang penggagas. Anggota resmi sudah 19 orang dan sudah memiliki 42 postingan. Karena ternyata yang bergabung cukup produktif sehingga walaupun masih berusia hitungan minggu sudah ada sekian postingan. Hal ini membuatku merasa bersyukur telah memutuskan bergabung dalam komunitas tersebut. Karena dengan personil yang cukup produktif begitu sangat membantu merangsang kita untuk menulis kembali. Terlebih juga dalam komunitas sudah dibuat semacam rule untuk memposting minimal 2 tulisan perbulan, selain itu nantinya akan ada challenge yang wajib diikuti oleh semua personil.

Bagi bloger yang angin-anginan dan moody seperti aku, rule dan challenge tersebut sangat besar manfaatnya. Mood booster yang sangat ampuh untuk memacu menulis karena terikat oleh sebuah aturan. Terlepas dari itu, bergabung dalam komunitas ini ternyata sangat menarik dan mengasyikkan karena kita berasal dari beragam latar belakang jadi semua bisa saling berbagi dan diskusi. Dimana untuk wadah diskusi saat ini dilakukan dalam WhatsApp Grup.

Besar harapan kalau komunitas ini akan semakin berkembang sehingga bisa memberi manfaat bagi banyak orang.

O, iya bagi yang tertarik ingin bergabung dalam komunitas tersebut boleh langsung klik di sini. Karena pintu terbuka lebar bagi siapapun yang ingin bergabung.

https://ikatankata.home.blog/
Ikatan Kata – Blogger Community

-Gassmom-
Pematangsiantar, 061119

10 respons untuk ‘Ikatan Kata, Mood Booster Untuk Menulis Lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s